Rabu, 10 Maret 2010

Non-Fotorealistik Rendering

Non-Fotorealistik Rendering

Non-fotorealistik rendering (NPR) merupakan wilayah komputer grafis yang berfokus pada kemungkinan berbagai gaya ekspresif untuk digital art. Berbeda dengan tradisional grafik komputer, yang berfokus pada photorealism, non-fotorealistik rendering ini terinspirasi oleh gaya artistik seperti melukis, menggambar, ilustrasi teknis, dan animasi kartun. Non-fotorealistik rendering telah muncul dalam film dan video game dalam bentuk toon shader, dan juga dalam ilustrasi arsitektur dan animasi eksperimental. Contoh penggunaan modern metode ini adalah bahwa dari Cel-diarsir animasi.

Artistik rendering mencoba menimbulkan gambar yang digambarkan oleh tangan ataupun meggunakan gaya lukisan seperti mebuat lukisan arang dengan sketsa, ilustrasi pena dan tinta, atau lukisan cat minyak.

Tiga Dimensional NPR Teknik

Tiga dimensi NPR adalah gaya yang paling sering dilihat dalam video game dan film. Output dari teknik ini hampir selalu merupakan model 3D yang telah dimodifikasi dari model input asli untuk menggambarkan sebuah gaya artistik baru. Dalam banyak kasus, geometri dari model identik dengan geometri asli, dan hanya materi yang diterapkan pada permukaan adalah dimodifikasi. Dengan peningkatan ketersediaan diprogram GPU’s, shader telah memungkinkan efek NPR diterapkan pada gambar yang akan ditampilkan ke laya. Sebagian besar teknik NPR diterapkan pada geometri 3D dimaksudkan untuk membuat adegan tampak dua dimensi.

Dua Dimensional NPR Teknik

Input ke dua dimensi sistem NPR gambar paling umum, namun ada sistem yang mengambil geometri 3D informasi sebagai masukkan dan menghasilkan gambar 2D atau video output. Sekali lagi, banyak dari sistem dimaksudkan untuk meniru gaya artistik yang dikehendaki, seperti cat air, impresionisme, atau pena dan tinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar